BAHASA JEPANG SEBUTAN DALAM KELUARGA

1.ANGGOTA KELUARGA SENDIRI
kakek : sofu
nenek : sobo
paman : oji
bibi : oba
sepupu : itoko
ayah : chichi
ibu : haha
kakak laki : ani
kakak perempuan : ane
adik laki : otouto
adik perempuan : imouto

2.ANGGOTA KELUARGA ORANG LAIN
kakek : ojiisan
nenek : obaasan
paman : ojisan
bibi : obasan
sepupu : itoko
ayah : otousan
ibu : okaasan
kakak laki : oniisan
kakak perempuan : oneesan
adik laki : otoutosan
adik perempuan: imoutosan

Subscribe to receive free email updates:

26 Responses to "BAHASA JEPANG SEBUTAN DALAM KELUARGA"

  1. kalau sebutan onesan sama oniisan itu bisa buat keluarga sendiri ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk keluarga sendiri kalo ga salah Oneechan ama Oniichan

      Delete
    2. Bisa, kalau untuk keluarga... Bisa Nee-chan or Nii-chan. Yang lain kayaknya bisa. Cuman 'O'-nya di-ilangin.

      Delete
  2. o, ga Aflah karena kalau baahsa Jepang dibedakan. Keluarga sendiri pakai ani dan ane :)

    ReplyDelete
  3. aku pernah denger di banyak anime,kalau manggil keluarganya bukan pake panggilan yang ke keluarga sendiri,tapi pake yang panggilan ke keluarga orang lain cuma -san diganti -chan

    ReplyDelete
  4. wah. ya sih.Yang di sini official languangenya. Kalau imbuhan chan setahu saya artinya kesayangan/ orang yang paling disayang. Bisa bantu dengan kata-kata yang ga formal? bisa ditambahkan ke blog ini?

    ReplyDelete
  5. Arigatou infonya onii-san :D

    *Rika

    ReplyDelete
  6. Penggunaan Chan, San, Kun itu ada tempatnya...
    Chan, Ditambahkan kenama/sebutan biar makin imut, tidak formal, sering dipakai ke anak kecil dan wanita (how jackie-chan?)

    San, (san andreas?) Dtambah untuk nama, lebih formal, dipakai untuk segala pihak, dipakai agar lebih akrab

    Kun, Nah ini kalo suami istri dalam bahasa indo artinya (Mas, Bang), lebih sopan untuk memakai ini, dipakai untuk oang lebih tua, atau pasangan (cieee)

    Ada lagi, itu namanya Sama! Ditambahkan ke nama/sebutan untuk orang yang lebih terhormat, artinya dengan tujuan memujinya...

    ReplyDelete
  7. kalo sebutan untik anak pertama, kedua dst apa ya???

    ReplyDelete
  8. Terima kasih gan untuk ilmu bahasa jepangnnya..mau tanya kalo mau ngetik bahasa jepang gimana caranya gan??

    ReplyDelete
  9. kalau okaasan untuk keluarga sendiri? bisa gak

    ReplyDelete
  10. Untuk keponakan ga ada ya dalam bahasa Jepang?

    ReplyDelete
  11. Sebagai tambahan saja ya teman-teman .
    Untuk sebutan anak dalam bahasa Jepang dapat digolongkan sebagai berkut :

    - Anak pertama laki-laki : 長男 ( ちょうなん ) chounan
    - Anak kedua laki-laki : 次男 ( じなん ) jinan
    - Anak ketiga laki-laki : 三男 ( さんなん ) sannan
    - Anak keempat laki-laki : 四男 ( よなん ) yonan

    - Anak pertama perempuan : 長女 ( ちょうじょ ) choujo , cho-jo
    - Anak kedua perempuan : 次女 ( じじょ ) jijo
    - Anak ketiga perempuan : 三女 ( さんじょ ) sanjo

    Kalau banyak anak berarti tidak ikut program pemerintah alias KB
    :D
    Sekian , kalau ada yang kurang mohon maaf. Karena kita sama-sama belajar hehehe ...

    ReplyDelete
  12. Boleh minta info...Kalo bahasa jepang nya cucu laki laki pertama apa ya? Terimakasi

    ReplyDelete
  13. Dear, I like all your post very much, it tells me so many thins that I do not touch before, hope you can do this job all the time. By the way, I want to introduce a useful Free Photo Recovery Software, which is a fantasy.

    ReplyDelete

KLIK GAMBAR UNTUK KE HALAMAN LAIN.